Suasana upacara bendera bersama TNI di SDMM. (Ria Pusvita Sari/PWMU.CO)

PWMU.CO – Menyambut peringatan Hari TNI yang ke-74 tahun 2019, SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik mengadakan upacara bendera, Senin (30/9/19). Hari TNI yang seharusnya jatuh pada 5 Oktober itu sengaja digelar sebelumnya, bersamaan dengan jadwal upacara bendera Senin.

Kapten Arb/565841 Komandan Koramil 0817/06 Manyar Sali mengatakan, bangsa Indonesia perlu mencontoh dan mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. “Dalam masalah militer terutama di dalam menggalang persatuan antara TNI dan masyarakat,” ujarnya.

Sebab, kata dia, keberhasilan Rasulullah SAW dan pasukannya karena dukungan masyarakat pada waktu itu. “Itulah sebenarnya kunci keberhasilan pada zaman Rasulullah, yaitu bersatunya tentara dengan rakyat,” tegasnya.

Ia menekankan, kedekatan TNI dengan rakyat akan memudahkan TNI dalam bertugas dan mengabdi kepada negara dan bangsa. Selain itu, lanjutnya, kedekatan dengan rakyat juga diyakini akan membuat TNI diperhitungkan sebagai kekuatan militer oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini.

Kapten Sali jadi Pembina Upacara di SDMM. (Ria Pusvita Sari/PWMU.CO)

Di hadapan seluruh siswa dan guru sekolah yang berlokasi di Jalan Amuntai 01 GKB Gresik itu, Sali berharap anak-anak ikut berperan dalam menjaga kehormatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar tidak direndahkan oleh bangsa lain. “Kalian sebagai siswa juga memiliki hak dan kewajiban untuk membela negara Indonesia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, menjalankan tata tertib, menghormati guru, mengikuti upacara bendera dengan hikmat merupakan contoh-contoh kecil yang bisa menjadikan negara ini menjadi besar. “Apalagi yang sudah berprestasi baik nasional maupun internasional dan sudah mengharumkan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu pula, Sali menyeru kepada seluruh generasi muda untuk ikut berpartisipasi dalam membina TNI sehingga tetap kuat dan jaya serta berpegang kepada ajaran-ajaran Allah dan rasulnya, taat beribadah, dan berakhlak mulia. “Saya merasa bangga dan berterima kasih banyak kepada SDMM yang telah mengundang kami dalam rangka ikut berpartisipasi di dalam lembaga pendidikan ini,” ujarnya.

Ia juga mengaku terharu saat anak-anak menyanyikan Mars TNI dan Mars TNI Angkatan Darat. “Saya juga gak nyangka mendapat bunga dari siswa. Sekali lagi, terima kasih partisipasi semuanya,” ungkapnya haru. (*)

Kontributor Ria Pusvita Sari. Editor Mohammad Nurfatoni.

 

Sumber: https://pwmu.co/111805/10/02/tni-di-sdmm-soal-militer-bangsa-indonesia-perlu-amalkan-ajaran-rasulullah1/

Leave a reply "TNI di SDMM: Soal Militer Bangsa Indonesia Perlu Amalkan Ajaran Rasulullah"

Your email address will not be published. Required fields are marked *