Arya Setya Nugroho (kiri) dan Rudi Purnawan bersama lima mahasiswa PLP 2 UMG di SDMM. (Ria Pusvita Sari/PWMU.CO)

PWMU.CO – SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik kembali dipercaya sebagai salah satu sekolah tempat program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG). Program untuk mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ini berlangsung mulai 6 Agustus hingga 7 September 2019.

Dosen Pembimbing Arya Setya Nugroho MPd menyampaikan tiga poin pokok program PLP 2 ini. “Pertama, kami ingin para mahasiswa ini bisa menyusun perangkat pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku,” ujarnya dalam sambutan serah terima mahasiswa PLP di SDMM, Selasa (6/8/19).

Selain itu, lanjutnya, mahasiswa PLP 2 harus dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan bimbingan menggunakan berbagai stategi dan media. “Yang terakhir, kami berharap para mahasiswa dapat melaksanakan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta membantu guru dalam tugas-tugas administrasi,” jelasnya.

Arya berharap, mahasiswa PLP 2 ini dapat mengerti apa saja kegiatan guru mulai masuk hingga keluar gerbang sekolah. “Khususnya pendampingan siswa dan administrasi serta manajemen kelas,” tegasnya.

Kehadiran Arya bersama lima mahasiswanya disambut hangat Koordinator Kurikulum Rudi Purnawan MPd mewakili Kepala SDMM yang saat itu berhalangan hadir karena tugas dinas. Kelima mahasiswa itu adalah Syifaul Fuadiyah Sukmasari, Eka Putri Noviatin, Eva Rusyati Maghfiroh, Fitriyatur Rohmah, dan Santya Dian Pratiwi.

Rudi menyampaikan, pihaknya menerima kelima mahasiswa PLP tersebut menjadi bagian dari keluarga besar SDMM. “Kami berharap adik-adik mahasiswa menjadikan SDMM sebagai rumah kedua. Jangan sungkan. Salurkan semua potensi yang dimiliki,” tuturnya.

Rudi berharap para mahasiswa dapat mengeksplor apanyang dimiliki untuk dapat diaplikasikan di SDMM. “Nanti akan kami siapkan jadwal pendampingan kelas kecil dan kelas besar. Jika ada sesuatu yang dibutuhkan, sampaikan kepada kami,” pesannya. (*)

Kontributor Ria Pusvita Sari. Editor Mohammad Nurfatoni.

 

Sumber: https://pwmu.co/105016/08/06/sdmm-kembali-dipercaya-umg-dalam-program-plp-mahasiswa-pgsd/

Leave a reply "SDMM Kembali Dipercaya UMG dalam Program PLP Mahasiswa PGSD"

Your email address will not be published. Required fields are marked *