Siswa SDMM mengikuti Pawai Taaruf Tahun Baru Islam. (Aski/PWMU.CO)

PWMU.CO – Masyarakat Muslim memperingati datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah, yang jatuh Selasa (11/9/18), dengan berbagai cara.

Tak terkecuali yang dilakukan siswa-siswi tiga lembaga pendidikan ini: Kelompok Bermain Tunas Aisyiyah Perumahan Pongangan Indah (PPI), TK Aisyiyah 36 PPI, dan SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik, yang memeriahkannya dengan Pawai Taaruf, Rabu (12/9/18).

Selain untuk memeriahkan Tahun Baru Islam, kegiatan ini juga untuk menyampaikan pesan damai kepada masyarakat sekitar.

“Kita berharap Tahun Baru Islam ini membawa suasana hati yang sejuk, tenang, dan damai,” ujar Kepala SDMM Ahmad Faizun SSos.

Dia menyeru kepada seluruh siswa untuk mengembangkan sikap toleransi, saling menghormati, mencintai, dan menolong dalam semangat persaudaraan.

“Di tahun baru ini, kalian yang dulu masih malas belajar, sekarang harus lebih giat. Yang dulu masih bolong-bolong shalatnya, sekarang harus lebih sempurna,” tuturnya di hadapan peserta pawai.

Berbagai poster yang beirisi pesan-pesan kebaikan dibawa para siswa. (Nazar/PWMU.CO)
Dengan memakai pakaian Muslim dominan putih, para siswa berjalan beriringan sambil memegangi poster ucapan selamat dan pesan-pesan menarik di tangannya.“Ayo lebih rajin belajar dan salat,” kata Amira Mumtazah Dias, siswa kelas I Manggis saat ditanya PWMU.CO tentang poster yang dibawanya.Koordinator Kesiswaan Sri Isna Wardhani SPd mengatakan, kegiatan ini diikuti 23 siswa Kelompok Bermain Tunas Aisyiyah, 150 siswa TK Aisyiyah 36, dan 483 siswa SDMM. “Alhamdulillah pawai berjalan meriah dan lancar. Ini salah satu bentuk sinergi tiga sekolah,” ujarnya di sela mengawal pawai.Rute yang diambil, kata Isna, hanya mengitari sekitar perumahan dan tidak terlalu jauh, mengingat ada siswa TK dan siswa SD kelas I yang masih kecil. “Untuk siswa Kelompok Bermain ikut pawai juga tapi menggunakan kereta kelinci,” katanya .
Georgiana Illeana Marian memakai pakaian muslim dan jilbab putih mengikuti Pawai Taaruf Tahun Baru Islam. (Nazar/PWMU.CO)

Kemeriahan memperingati Tahun Baru Islam ini juga dirasakan Georgiana Illeana Marian, mahasiswa Rumania yang bertugas di SDMM. “This is my last weekend in Indonesia. I am grateful to be able to follow this Islamic New Year celebration,” ujarnya bersyukur bisa mengikuti perayaan Tahun Baru Islam di pekan terakhirnya di Indonesia.

Georgie—sapaannya—mengakui telah membeli baju Muslim putih dan jilbabnya, diantar seorang guru, yang kini jadi temannya. “I have bought white muslim clothes and the hijab, accompanied by my friend,” kata dia yang telah menyiapkan kostum untuk perayaan.

Kepada PWMU.CO, Exchange Participant(peserta pertukaran) tersebut turut berbahagia dan mendoakan tahun baru ini membawa banyak kesempatan bagi umat Islam untuk mengeksplorasi setiap kegembiraan hidup. “May this new year bring many opportunities your way, to explore every joy of life,” ujarnya.

Ia juga berharap tahun baru ini bisa mengubah semua impian menjadi kenyataan dan semua upaya menjadi pencapaian besar. “And also may your resolutions for the days ahead stay firms, turning all your dreams into reality, and all your efforts into great achievements,” ungkapnya. (Vita)

Sumber : https://pwmu.co/74428/09/12/sambut-tahun-baru-1440-hijriah-656-siswa-serukan-pesan-damai-islam/

Leave a reply "Sambut Tahun Baru 1440 Hijriah, 656 Siswa Serukan Pesan Damai Islam"

Your email address will not be published. Required fields are marked *