Tim Mentari Robotik SDMM bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (baju hitam). (Sri Isna Wardhani/PWMU.CO)

PWMU.CO – Tim Mentari Robotik SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik meraih lima penghargaan dalam ajang Batu Robotics Week, Sabtu (12/10/19) di Predator Fun Park, Kota Batu, Jawa Timur. Lima penghargaan itu diraih dari dua kategori lomba, yakni Robot Sumo Junior dan Drone Racing Junior.

Salah satu pembina Angga Ristiawan mengaku bangga dengan prestasi Tim Mentari Robotik SDMM yang kali pertama mengikuti Drone Racing dengan hasil yang memuskan. “Ya hanya ada kendala angin yang menyebabkan drone sulit dikendalikan,” ujarnya.

Misfan Faiq Azzahid, siswa kelas VI AR Fachrudin berhasil menaklukkan 10 rintangan dengan dua putaran dan satu kali trial (uji coba lapangan) yaitu 41.04 detik pada putaran I dan 45.49 detik pada putaran II.

Affan—sapaan akrab Misfan Faiq Azzahid—sempat grogi saat memainkan drone sehingga harus hati-hati di rintangan 7 dan 8. “Hampir saja terbentur tiang, rintangan itu yang membuat sedikit melambat,” katanya siswa yang punya hobi bermain sepak bola ini.

Muhammad Fais Alfafa, pembina robotik menyampaikan, sebelas siswa SDMM yang mengikuti lomba ini selalu fair play. Ia mengingatkan anak-anak untuk selalu memulai dengan membaca basmalah dan mengakhiri dengan hamdalah. “Tak lupa juga jabat tangan dengan lawan sembari mengucap tetap semangat kepada lawan,” pesannya.

Menurutnya, hal paling penting adalah mengutamakan nilai-nilai mulia dalam lomba sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. “Efek jangka panjangnya, nilai-nilai mulia itu akan tertanam pada jiwa,” tuturnya.

Penghargaan untuk para juara Batu Robotics Week yang diselenggarakan oleh Jatim Park 3 dan Pemerintah Kota Batu ini digelar Ahad (13/10/19) di Balai Kota Pemkot Batu. Hadir dalam kesempatan ini Wali Kota Batu Hj Dra Dewanti Rumpoko MSi.

Tim Mentari Robotik SDMM bersama para pembina. (Muhammad Fais Alfafa/PWMU.CO)

Berikut ini daftar juara yang diraih Tim Mentari Robotik SDMM dalam Batu Robotics Week:

Kategori Robot Sumo Junior
Juara 1 Dimas Arya Satya Firmansyah
Juara 2 Ahmad Haidar Al Farras
Juara 3 Dion Maulana Putra Dimas

Kategori Drone Racing Junior
Juara 3 Misfan Faiq Azzahid
Harapan 1 Akhmad Abebyhole Budihanz I

Selamat! (*)

Kontributor Zaki Abdul Wahid. Editor Mohammad Nurfatoni.

 

Sumber: https://pwmu.co/113210/10/13/sabet-5-gelar-di-batu-robotics-week-begini-adab-bertanding-tim-mentari-robotik-sdmm1/

Leave a reply "Sabet 5 Gelar di Batu Robotics Week, Begini Adab Bertanding Tim Mentari Robotik SDMM"

Your email address will not be published. Required fields are marked *