PWMU.CO – Dalam rangka menyongsong International Class Programme (ICP) tahun pelajaran 2018/2019, SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik membuka kelas Pre-School bagi calon siswa kelas ICP. Ini merupakan tahun ke-10 pelaksanaan kelas khusus tersebut.

Ditemui PWMU.CO, Ketua Panitia Pre-School Putri Suci Muliyah menjelaskan Kelas Pre-School ini sebagai wadah pembinaan berbahasa Inggris menuju kelas ICP. “Hal ini supaya calon siswa ICP lebih siap dalam belajar, khususnya penguasaan berbahasa Inggris lebih awal, mengingat bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran di kelas ICP,” jelasnya, Senin (29/1/18).

Putri—sapaan akrabnya—menyampaikan kelasnya ini dilaksanakan tiga kali dalam seminggu, yakni Senin, Rabu, dan Jumat. “Total pertemuannya sebanyak 37 kali pertemuan dengan durasi belajar 1,5 jam tiap pertemuan. Tahun ini kami selenggarakan mulai tanggal 22 Januari hingga 20 April 2018 mendatang,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, Pre-School ini sebagai proses seleksi calon siswa ke kelas ICP karena pagu kelas ICP terbatas. “Siswa yang mengikuti Pre-School tahun ini sebanyak 37 siswa dan akan diseleksi menjadi 28 siswa, melalui tiga kali Progression Test dan Final Test. Sembilan siswa yang tereliminasi otomatis masuk ke kelas reguler,” tambahnya.

Sementara itu salah satu wali murid Pre-School Imroatus Sa’adah mengaku senang putrinya bisa mengikuti kelas ini. “Saya melihat ada perkembangan pada putri saya, khususnya di Bahasa Inggris. Bagi saya, kelas ini sangat fair dalam memilih siswa menuju kelas ICP karena ada pembinaan sebelum tes,” ungkapnya.

Menurutnya, kelas Pre-School ini bisa mengasah keberanian dan kemandirian siswa di tempat yang berbeda dengan sekolah asalnya. “Pagi hari putri saya bersekolah di TK Aisyiyah 36 dan di siang hari mengikuti kelas Pre-School di SDMM. Namun saya melihat putri saya enjoy dan tidak merasa terbebani. Jadi, saya yakin kelas Pre-School adalah kelas yang menyenangkan untuk anak-anak,” jelas ibu dari Amirah Mumtazah Dias.

Good luck! (Vita)

Leave a reply "Pre-School, Cara Efektif “Memperebutkan” Kelas Internasional di SDMM"

Your email address will not be published. Required fields are marked *