Sumpah jabatan terucap sudah. Suasana sakral itu terjadi Sabtu (15/7) pagi di hadapan guru dan pegawai serta para undangan Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Kepala MI Muhammadiyah Gumeno dan SD Muhammadiyah Manyar, Kabupaten Gresik. Bertempat di Aula SD Muhammadiyah Manyar, kegiatan tersebut berlangsung khikmat.

Pembacaan janji pelantikan yang dipandu Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kab Gresik Ir Dodik Priyambada berjalan lancar. Sebelumnya, Sekretaris Majelis Dikdasmen M Fadloli Aziz Ssi MPd membacakan SK penetapan kepala sekolah untuk kedua lembaga pendidikan di Kecamatan Manyar tersebut.

(Baca: Begini Cara SD Muhammadiyah Manyar Siapkan Kader Persyarikatan yang Cinta Tanah Air)

Dalam amanatnya, Drs Taufiqullah A Ahmady MPdI  menyampaikan bahwa kepala sekolah harus mampu menjalankan fungsi kepemimpinannya yaitu kepandaian memotivasi, kepandaian mengambil keputusan, dan keteladanan. “Basis ideologi, internalisasi, otonom, dan konsisten adalah empat hal yang dapat memperkuat karakter Muhammadiyah”, jelas Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gresik tersebut.

“Ikhlas dalam memajukan amal usaha yang dipimpinnya bukan karena dipaksa oleh siapapun tetapi dari kehendak hatinya adalah kunci pemimpin yang sukses,” imbuhnya. Dia berharap siapapun yang menjadi pemimpin dalam amal usaha Muhammadiyah (AUM) tetap semangat dalam memajukan AUM meski sudah tidak lagi menjadi pimpinan di kemudian hari.

Kepala SD Muhammadiyah Manyar periode 2013-2017 Drs Ah Nurhasan Anwar MPd menyampaikan bahwa kebersamaan itu indah. “Saya tidak ada artinya tanpa ustadz-ustadzah semua,” tandasnya saat memberikan sambutan. Dia berpesan kepada seluruh guru dan pegawai agar kritik dan sarah hendaknya dijadikan sebagai kawah candradimuka.

(Baca juga: Inilah 8 Gelar Juara Robotik Tingkat Internasional yang Diraih SD Muhammadiyah Manyar Gresik)

Nurhasan resmi digantikan oleh Ahmad Faizun SSos yang memperoleh suara terbanyak dlm Pemilihan Kepala SD Muhammadiyah Manyar bulan Maret 2017 lalu. “Dalam Muhammadiyah, tidak ada yang ingin jadi pemimpin. Tetapi ketika ditunjuk, tidak boleh menolak,” katanya mengawali sambutan. Pria yang akrab disapa Ustadz Faiz ini juga berterima kasih kepada seluruh guru dan pegawai serta Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Gresik yang telah memercayakan amanah ini kepadanya.

Sementara itu, Alfajariyah MPd  terpilih kembali sebagai Kepala MI Muhammadiyah 1 Gumeno. “Dukungan dari semua pihak sangat saya harapkan untuk kemajuan pendidikan selama 4 tahun ke depan,” jelas perempuan yang biasa dipanggil Ustadzah Yaya ini.

Dari kiri ke kanan, Dodik Priyambada, Siti Khoiriyah, Alfajariyah, Ahmad Faizun, Ah Nurhasan Anwar, Ketua PCM Manyar Imam Mustakim, PRM Gumeno Machruhin dan PRM PPI Hon Jaelani (paling kanan). (Foto Ria Eka Lestari/pwmu.co)

Dalam sambutannya, Kepala UPT Dinas Pend Kecamatan Manyar Hj Siti Khoiriyah MPd mengatakan, menjadi seorang kepala sekolah tidaklah mudah. “Pertahankan apa yang baik dan tingkatkan apa yang kurang baik,” pesannya.

Dia juga mengingatkan bahwa kebersamaan adalah kunci keberhasilan sebuah kepemimpinan. “Jadilah pemimpin yang berkarakter sehingga menjadikan siswa siswi yang berkarakter pula,” pesan dia menutup sambutan.

(Baca juga: Alhamdulillah, BNN Nyatakan Pelajar SD Muhammadiyah Manyar Bebas Narkoba)

Ditemui usai acara, Ketua Panitia Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ria Pusvita Sari SPd berharap agar acara seperti ini menjadi pembelajaran bagi semua guru dan pegawai di AUM bahwa pergantian pimpinan itu hal biasa. “Selamat bagi kepala sekolah terpilih baik untuk MI Muhammadiyah 1 Gumeno dan SD Muhammadiyah Manyar,” ucapnya.

Selamat berkarya, Ustadz Faiz dan Ustadzah Yaya. Karya kreatif menanti kita. Doa kita bersama, semoga mampu mengemban amanah. (Ria Eka Lestari) Sumber : pwmu.co

Leave a reply "Pelantikan Kepala Sekolah MIM 1 Gumeno dan SDM Manyar Gresik"

Your email address will not be published. Required fields are marked *