Siswa kelas VI ICP memasuki bus dilepas orangtua masing-masing. (RPS/PWMU.CO)

PWMU.CO – Matahari cerah. Masih pukul sembilan pagi, cuaca yang baik untuk perjalanan. Suara lantang panggilan menaiki bus terdengar di halaman SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik. Beberapa siswa tampak menyiapkan perlengkapannya, memastikan tidak ada yang tertinggal, lalu beranjak berdiri.

Ada 26 siswa sekolah berjulukan Kampus Biru yang mengular di pintu bus. Mereka mengenakan baju bebas rapi. Syafa’atul Ilmiyah SPd, guru pengajar English di kelas VI Mas Mansur—salah satu kelas International Class Program (ICP)—memimpin rombongan.

Dia berkali-kali memeriksa agar tidak ada yang tertinggal. Wajahnya terlihat serius. Dia tidak segan memperingatkan siswa jika ada yang bermain-main.

Hari ini, Rabu (10/10/18) mereka berangkat mengikuti Cambridge Primary Checkpoint Testyang akan berlangsung tiga hari ke depan, Kamis-Sabtu (11-13/10/18) di Syariah Radho Hotel Malang, Jalan Raya Sengkaling Nomor 137 Mulyoagung, Kecamatan Dau Malang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Kalian akan menempuh ujian selama tiga hari di Malang. Ustadzah berharap kalian tidak tegang, tapi tetap fokus,” ujar Mia—sapaan akrab Syafa’atul Ilmiyah—sebelum berangkat.

Ahmad Faizun memberi motinasi siswa kelas VI ICP sebelum mengikuti Checkpoint. (RPS/PWMU.CO)

Kepala SDMM Ahmad Faizun SSos melepas keberangkatan peserta Checkpoint dengan doa dan beberapa nasihat. “Selama empat hari di Malang, patuhi apa yang diperintahkan ustadz dan ustadzah, karena mereka orangtua kalian di sana,” tuturnya.

Faizun juga mengingatkan, Checkpoint ini adalah tes akhir kalian untuk kurikulum Cambridge. “Tunjukkan kalian siap ujian. Manfaatkan waktu istirahat dan belajar. Fokus!” tegasnya.

M Fadloli Aziz SSi MPd, guru pengajar Mathematics dan Science di kelas VI ICP meyakini siswanya siap menghadapi Checkpoint. “Sejak kelas V mereka sudah kami latihkan soal-soal model penalaran Checkpoint,” ungkapnya. “Insyaallah siap”.

Sementara itu, Koordinator ICP Ria Pusvita Sari SPd mengatakan, Cambridge Primary Checkpoint Test telah dirancang untuk menilai peserta didik pada akhir Cambridge Primary. “Tes ini memberikan umpan balik yang berharga tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik sebelum mereka maju ke tahap pendidikan berikutnya,” jelasnya.

Cambridge Primary Checkpoint Test yang diikuti siswa kelas VI ICP SDMM ini, kata dia, meliputi tiga mata ujian, yakni English As Second Language, Mathematics, dan Science.

Good luck kidsWish you all the best!” ucapnya memberi semangat semoga berhasil dan mendapatkan yang terbaik. (RPS)

Sumber : https://pwmu.co/76351/10/10/ikuti-cambridge-primary-checkpoint-di-malang-siswa-kelas-vi-sdmm-siap-hadapi-tiga-mata-ujian/

Leave a reply "Ikuti Cambridge Primary Checkpoint di Malang, Siswa Kelas VI SDMM Siap Hadapi Tiga Mata Ujian"

Your email address will not be published. Required fields are marked *