Siti Faizah mendampingi siswa SDMM yang membaca buku di Perpustakaan HACHI saat jadwal istirahat. (Vita/PWMU.CO)

PWMU.CO – SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik masuk 10 nominator pemenang Lomba Perpustakaan SD/MI Terbaik Tingkat Kabupaten Gresik Tahun 2018.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik.

Penanggung Jawab Perpustakaan HACHI Ir Siti Faizah mengaku tak menyangka perpustakaan yang dikelolanya masuk dalam 10 nominator terbaik. “Persiapan (lombanya) hanya 4 hari, mulai 16-19 Oktober 2018,” ujarnya kepada PWMU.CO saat ditemui di ruangannya, Kamis (25/10/18).

HACHI merupakan nama perpustakaan SDMM, singkatan dari kata HumbleActiveCreativeHuman, dan Innovative.

Tahap awal lomba, tepatnya 19 Oktober 2018, Faizah menyerahkan instrumen penilaian beserta lampirannya. “Ya ada susunan organisasi, foto gedung atau ruangan, sarana prasarana, sumber belajar elektronik, anggaran, tenaga pengelola, koleksi, pengolahan bahan, layanan dan kerjasama, serta program kegiatan yang menonjol dan bermanfaat bagi peserta didik,” jelasnya menyebutkan 9 komponen penilaian.

Instrumen tersebut juga dilengkapi dengan data pendukung berupa profil, data statistik, surat keputusan (SK) pendirian, pengembangan program, dan laporan tahunan. “Tentu saja harus didukung tayangan video dan atau foto,” ujarnya.

Persiapan yang mendadak itu, kata Faizah, cukup menguras tenaga dan pikiran di sela padatnya kegiatan dinas di luar sekolah. “Jadi pas jadwalnya pengumuman pada 22 Oktober 2018, tapi kok belum dapat kabar, saya sempat berpikir kalau tidak masuk nominasi,” ungkapnya tersenyum.

Pengumuman itu akhirnya dikirimkan via WhatsApp pada 23 Oktober 2018 oleh Waheda, salah satu staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik. “Yang pertama saya terima adalah undangan presentasi yang mencantumkan 10 nominator tanpa ada keterangan nilainya,” kata dia. “Alhamdulillah, nama SDMM ada.”

Siti Faizah usai merapikan berkas administrasi di Perpustakaan HACHI. (Vita/PWMU.CO)

Ketua Majelis Pembinaan Kader Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Gresik tersebut sempat berulang kali membuka beberapa foto SK nominator 10 besar yang dikirimkan setelah undangan presentasi. “Eh ternyata SDMM ada di urutan pertama dengan perolehan nilai instrumen tertinggi,” ujarnya bahagia. “Allahu akbar, subhanallah.”

Sambil menghela nafas panjang, cerita dia, terucap kalimat hadza min fadl li robbii liyabluwani a asykuru am akfur dari lisannya. “Saat itu, saya berpikir ini adalah karunia Allah untuk mengujiku, apakah aku pandai bersyukur atau tidak,” ungkapnya haru.

Bagi Faizah, prestasi awal ini menjadi pemanasan dan motivasi timnya untuk menyiapkan yang terbaik pada tahap selanjutnya. “Di surat pengumuman, 10 nominator pemenang lomba diwajibkan mengikuti presentasi profil perpustakaan dengan program kegiatan di hadapan tim juri,” paparnya.

Presentasi tersebut, lanjutnya, akan digelar pada 29 Oktober 2018 di ruang Bina Pustaka lantai 2, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik pukul 8 pagi.

Tahap selanjutnya, tim juri tingkat Kabupaten Gresik akan meninjau langsung ke sekolah-sekolah yang meraih 10 nominator pemenang Lomba Perpustakaan SD/MI Terbaik Tingkat Kabupaten Gresik Tahun 2018. “Namun tahap ini belum ditentukan jadwal visitasi (kunjungan)-nya,” ujar Faizah.

Ia berharap, semoga ke depan perpustakaan HACHI tetap menjadi tempat favorit untuk warga sekolah, baik siswa, guru, dan karyawan.

Berikut ini 10 nominator pemenang Lomba Perpustakaan SD/MI Terbaik Tingkat Kabupaten Gresik Tahun 2018 beserta nilai instrumennya:

1. SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) 601
2. SD Negeri 4 Randuagung 589
3. SD Negeri Pranti 574
4. MI Negeri 2 516
5. SD NU 1 Trate 515
6. SD NU Kanjeng Sepuh 515
7. MI Bani Hasyim 515
8. MI Miftahul Ulum 412
9. SD Negeri Mojopurogedhe 477
10. MI Infarul Ghoyyi 450

Selamat! (Vita)

Sumber : https://pwmu.co/77814/10/26/hachi-sdmm-masuk-10-nominator-lomba-perpustakaan-kabupaten-gresik-ini-daftarnya/

Leave a reply "HACHI SDMM Masuk 10 Nominator Lomba Perpustakaan Kabupaten Gresik, Ini Daftarnya!"

Your email address will not be published. Required fields are marked *