Try out di Laboratorium Komputer SDMM. (ZAW/PWMU.CO)

PWMU.CO – SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Gresik bekerja sama dengan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) Surabaya melaksanakan try out ujian sekolah berstandar nasional berbasis komputer untuk 82 siswa kelas VI SDMM, Senin-Rabu (28-30/1/19).

“Kita adakan try out ini sebagai implementasi atas uji coba ujian sekolah berbais CBT (compuer based test),” terang Nur Asiyah, guru kelas 6 Faqih Usman, pada PWMU.CO, Rabu (30/1/19).

Asiyah menjelaskan soal-soal yang diberikan pada try out ini berbeda dengan yang berbasis kertas. “Banyak soal yang memerlukan kemampuan pemikiran tingkat tinggi atau yang dikenal dengan HOTS (high order thingking skill), terutama pada soal matematika,” kata dia.

Karenanya, sambung dia, membutuhkan kemampuan baca yang cepat dan jelas, apalagi ini menggunakan komputer.

Sementara itu, Mochamad Sofi Maulana, salah satu staf KPI, menerangkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 dan pencanangan ujian sekolah berbasis komputer oleh beberapa dinas pendidikan maka KPI memulai langkah dengan membuat try out berbasis komputer bernama Uji Komptensi KPI.

“Sesuai dengan informasi di beberapa Dinas Pendidikan, memang sudah dicanangkan ujian sekolah berbasis komputer, yang telah diujicobakan tahun 2016,” ujarnya.

Maulana mengungkapkan, sudah ada 112 sekolah dasar yang mencoba uji kompetensi berbasis komputer ini. “Sejak berhasil menguji coba, tahun ini (2019) manajemen KPI memutuskan untuk tidak menggunakan kertas,” jelasnya. (ZAW)

Leave a reply "Gandeng KPI, SDMM Adakan Try Out Uji Kompetensi Berbasis Komputer"

Your email address will not be published. Required fields are marked *