Peserta Kompi serus mengerakan soal. (Roikhanatul Jannah/PWMU.CO)

PWMU.CO – Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menggelar babak penyisihan Kompetisi Matematika dan Pendidikan Islam (Kompi), Ahad (6/10/19).

Ketua Penyelenggara Muchammad Fachri menjelaskan, kompetisi ini memadukan pelajaran Matematika dan Pendidikan Islam. Ia menambahkan, ini juga bisa sebagai persiapan siswa menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM). “Jadi bisa untuk menyeleksi atau mengukur kemampuan siswa pada bidang Matematika di KSM nanti,” tegasnya.

Selain itu, lanjutnya, keunikan kompetisi ini menerapkan bayaran seikhlasnya sesuai kemampuan, sehingga siapapun dapat mengikuti ini tanpa terkendala biaya. “Semoga kompetisi ini menjadi langkah awal terbentuknya calon penerus bangsa yang kuat di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Agama,” harapnya.

Ditemui PWMU.CO di sela penyelenggaraan penyisihan Kompi di SD Muhammadiyah Manyar (SDMM) Jalan Amuntai Nomor 1 GKB Gresik, Humas Rumah Pendidikan MIPA (RPM) Gresik Naufal Muzakie mengatakan, sebanyak 190 siswa sekolah dasar mengikuti kompetisi perdana ini. “Masih tergolong sedikit jumlahnya, mungkin karena baru pertama,” kata dia.

Usai mengerjakan soal penyisihan, Gadiza Aura Brilliant, siswa kelas V SDMM Gresik mengaku baru pertama mengikuti kompetisi gabungan Matematika dan Agama Islam. “Soalnya lumayan susah. Setiap soal matematika pasti mengandung materi Al Islam,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Firda Muhti Fajrina, siswa kelas IV SD Negeri Petrokimia Gresik. Ia mengaku kesulitan mengerjakan soal penyisihan. “Ya banyak Matematikanya, tapi selalu dihubungkan dengan Agama Islam,” kata dia.

Kompi diikuti 8.504 peserta yang tersebar di 41 kabupten dan kota dari 12 propinsi, di antaranya Aceh Besar, Jambi, Pekanbaru, Serang, Tangerang Selatan, Jakarta Timur, Depok, Cikarang, Bogor, Banjar, Ciamis, Bekasi, Bandung, Sukabumi, Semarang.

Juga Purwokerto, Solo, Magetan, Madiun, Ngawi, Lamongan, Bojonegoro, Kota Malang, Kabupaten Maang, Jombang, Tulungagung, Lumajang, Surabaya, Nganjuk, Gresik, Banyuwangi, Sidoarjo, Ponorogo, Tuban, Blitar, Jember, Kota Kediri, Makasar, Palu, Timika, dan Sorong.(*)

Kontributor Ria Pusvita Sari. Editor Mohammad Nurfatoni.

 

Sumber: https://pwmu.co/112370/10/06/8-504-siswa-se-indonesia-ikuti-kompetisi-matematika-dan-pendidikan-islam/

Leave a reply "8.504 Siswa Se-Indonesia Ikuti Kompetisi Matematika dan Pendidikan Islam"

Your email address will not be published. Required fields are marked *