Tiga tim SDMM bersama Kabid Pendidikan Dasar Nur Maslichah (batik coklat) saat penganugerahan juara Festival Sains Gresik. (Istimewa/PWMU.CO)

PWMU.CO – Perhelatan Festival Sains Gresik (FSG) sukses digelar, Kamis (2/8/18) di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik. Pameran sains ini kembali digelar karena kesuksesan penyelenggaraannya pada tahun-tahun sebelumnya.FSG 2018 ini menampilkan 30 karya anak bangsa dari tingkat SD dan SMP. Karya-karya tersebut merupakan 6 terbaik dari masing-masing bidang ilmu pada babak presentasi Lomba Karya Cipta Alat Peraga dan Penelitian Ilmiah Remaja yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik pada 10 April 2018 lalu.Bidang ilmu tersebut adalah Matematika dan IPA untuk tingkat SD/MI, serta Ilmu Sosial dan Kemanusiaan, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik, Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa untuk tingkat SMP/MTs. Selain pameran, juga ada pentas seni yang dimeriahkan oleh beberapa siswa SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Gresik.Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Nur Maslichah SPd MM mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta yang sudah menginspirasi banyak orang yang berkunjung. “Terima kasih setulus-tulusnya, khususnya kepada bapak ibu pendamping. Karena tidak akan muncul anak-anak yang hebat ini tanpa bimbingan bapak ibu guru semua,” ucapnya

Icha—sapaan akrabnya—mengingatkan peserta supaya tak lupa mengucapkan terima kasih atas semua bimbingan. “Tetaplah menjadi anak yang rendah hati, tidak sombong, terus menularkan ilmu dan aura positif pada anak yang lain,” tuturnya.Kompetensi paling rendah itu, lanjut Icha, adalah mendengarkan, dimana tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. “Kompetensi di atasnya adalah berbicara. Kebanyakan orang gampang berbicara, tapi berbicara yang bagaimana dulu. Klo yang ilmiah, tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.Kompetensi yang lebih tinggi lagi adalah membaca. “Tidak hanya sekadar baca secara verbal, tapi mampu membaca lingkungan alam sekitar. Buktinya ini sudah terwujud dengan ide-ide kreatif dan inovatif yang tertuang dalam karya ilmiah,” paparnya disambut tepuk tangan meriah para peserta.Icha melanjutkan, kompetensi paling tinggi adalah menulis. “Sebagai kompetensi paling tinggi, hal ini sudah dilewati oleh anak-anak yang saat ini tampil di Festival Sains Gresik karena telah menulis karya ilmiah dengan baik,” ujarnya mengapresiasi.Roh meneliti ini, kata Icha, perlu terus dikembangkan. “Ini adalah agenda tahunan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik yang memfasilitasi semua ide dari anak-anak kita,” jelasnya.
Terakhir, Icha mengucapkan terima kasih yang sangat tak terhingga kepada guru pembimbing. “Mudah-mudahan dedikasi panjenengan yang tanpa batas dan keikhlasan ini dapat balasan dari Allah swt. Sampaikan salam kami kepada seluruh Kepala Sekolah dan yayasan atas semua partisipasi yang diberikan,” ucapnya.Icha berharap tahun depan bisa lebih berjaya lagi. “Selamat atas keikutsertaan kalian dalam Festival Sains Gresik kali ini,” tutupnya.Dalam pameran tersebut, Sekretaris Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gresik M Fadloli Aziz dan anggota Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Gresik Mohammad Nurfatoni datang memberikan perhatian kepada sekolah Muhammadiyah dengan mengunjungi masing-masing stand.

Kasi Peningkatan Mutu Siswa Dra Misriah (kedua dari kanan) memberikan trophy kepada tim SDMM sebagai juara 1 tim Matematika SD. (Zaki/PWMU.CO)
Inilah daftar juara Festival Sains
Bidang Matematika SD
Juara 1 Soulmate (SD Muhammadiyah Manyar)
Juara 2 Tutup Botol Pembagian (SD NU Nurul Ishlah)
Juara 3 Manecin (SD Muhammadiyah Manyar)
Juara 4 Geostick Berlian (SD Muhammadiyah 2 GKB)
Juara 5 Tabung Bilbul (SDN 2 Bambe Driyorejo)
Juara 6 Tandermon (SDN Cangkir Driyorejo)
Bidang IPA SD
Juara 1 Si Jalus (SD Muhammadiyah 1 GKB)
Juara 2 Bias (SD Muhammadiyah 2 GKB)
Juara 3 Magic Mop (SD Muhammadiyah Manyar)
Juara 4 Deteksi Gempa Sederhana (SD Setia Budhi)
Juara 5 Tangin Serna (SD Muhammadiyah 1)
Juara 6 Smart Pipe (SDN Indro Kebomas)Bidang IPA SMP
Juara 1 Biogas (SMP Muhammadiyah 12 GKB)
Juara 2 Alat Baring Botik (SMP Negeri 3 Gresik)
Juara 3 Bifonel (SMP Negeri 1 Gresik)
Juara 4 Kombinasi Pakan (SMP Negeri 1 Benjeng)
Juara 5 Pupuk Art Suga (SMP Negeri 1 Bungah)Bidang IPS SMP
Juara 1 Monera (SMP Negeri 1 Gresik)
Juara 2 Perpustakaan Kelas (Mts NU Trate Gresik)
Juara 3 Sepen (SMP Negeri 1 Balongpanggang)
Juara 4 Batasim (SMP Negeri 2 Gresik)
Juara 5 Stik Sisik Bandeng (MTs NU Trate Gresik)
Juara 6 Budaya Literer (SMP Negeri 1 Balongpanggang)Bidang Teknik SMP
Juara 1 Smart School (SMP Negeri 1 Gresik)
Juara 2 Smart Fan (SMP Negeri 2 Gresik)
Juara 3 Hidroponik Posija (SMP Negeri 1 Balongpanggang)
Juara 4 Kendi Ampas Kopi (MTs NU Trate)
Juara 5 Sistem A2S (SMP Negeri Balongpanggang)
Juara 6 Bakuping (MTs NU Trate)Meneliti itu seru! (Vita)

Sumber : https://pwmu.co/70986/08/02/30-karya-ilmiah-siswa-sukses-ikuti-festival-sains-gresik-ini-daftar-juaranya/

Leave a reply "30 Karya Ilmiah Siswa Sukses Ikuti Festival Sains Gresik, Ini Daftar Juaranya"

Your email address will not be published. Required fields are marked *